Berita Anyar :
Home » » Minimnya Prestasi Indonesia Di Dunia Sepak Bola

Minimnya Prestasi Indonesia Di Dunia Sepak Bola

Tim nasional sepak bola Indonesia pernah memiliki kebanggaan tersendiri, menjadi tim Asia pertama yang berpartisipasi di Piala Dunia FIFA pada tahun 1938. Saat itu mereka masih membawa nama Hindia Belanda dan kalah 6-0 dari Hongaria, yang hingga kini menjadi satu-satunya pertandingan mereka di turnamen final Piala Dunia. Ironisnya, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak dan memiliki masyarakat dengan minat yang sangat tinggi terhadap olahraga sepak bola, menjadikan sepak bola olahraga terpopuler di Indonesia (selain bulu tangkis), namun Indonesia tidaklah termasuk jajaran tim-tim kuat di Konfederasi Sepak bola Asia.

Indonesia pada tahun 1938 (di masa penjajahan Belanda) sempat lolos dan ikut bertanding di Piala Dunia 1938. Waktu itu Tim Indonesia di bawah nama Dutch East Indies (Hindia Belanda), peserta dari Asia yang pertama kali lolos ke Piala Dunia. Indonesia tampil mewakili zona Asia di kualifikasi grup 12. Grup kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 1938 hanya terdiri dari 2 negara,Indonesia (Hindia Belanda) dan Jepang karena saat itu dunia sepak bola Asia memang hampir tidak ada. Namun, Indonesia akhirnya lolos ke final Piala Dunia 1938 tanpa harus menyepak bola setelah Jepang mundur dari babak kualifikasi karena sedang berperang dengan Cina.

Timnas Indonesia

Tim nasional Indonesia mengalami penurunan enam tingkat dalam daftar peringkat FIFA ke posisi 159. Ini merupakan rekor terburuk sepanjang sejarah persepakbolaan Indonesia.

Dalam peringkat terbaru FIFA per Agustus 2012, Spanyol dan Jerman mampu mempertahankan posisi mereka di posisi satu dan dua. Sementara Inggris naik satu posisi ke peringkat tiga menggeser Uruguay yang kini berada di peringkat empat.

Hasil buruk kembali harus diterima tim nasional Indonesia. Setelah mencetak rekor kekalahan terbesar sepanjang sejarah yakni 0-10 saat menghadapi Bahrain di babak kualifikasi Piala Dunia 2014, kini peringkat tim merah putih harus turun ke posisi 159. Hasil ini juga terburuk sepanjang sejarah timnas yang sebelumnya sempat menghuni posisi 153 dunia sebagai posisi terburuk.

Di wilayah Asia Tenggara, Indonesia yang sebelumnya berada di bawah Thailand, Vietnam, dan Filipina, kini harus rela disalip Malaysia yang kini berada di peringkat ke 157 dunia. Peringkat ini pun bisa terus menurun bila timnas terus meraih hasil buruk, dalam berbagai kejuaraan atau pertandingan persahabatan. 

Dan Indonesia belum pernah berhasil menjadi juara Piala AFF (dulu disebut Piala Tiger) dan hanya menjadi salah satu tim unggulan. Prestasi tertinggi Indonesia hanyalah tempat kedua pada tahun 2000, 2002, dan 2004, dan 2010 (dan menjadikan Indonesia negara terbanyak peraih runner-up dari seluruh negara peserta Piala AFF). Di ajang SEA Games pun Indonesia jarang meraih medali emas, yang terakhir diraih tahun 1991.


sumber :

http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/08/08/156990/Peringkat-Sepak-Bola-Indonesia-Melorot/14

http://id.wikipedia.org

image credit :
kepakgaruda.wordpress.com
kompas
Haturnuhun anjen atos maca artikel tentang Minimnya Prestasi Indonesia Di Dunia Sepak Bola dan anda bisa menemukan Artikel Minimnya Prestasi Indonesia Di Dunia Sepak Bola ini dengan URL http://m4zone.blogspot.com/2012/08/minimnya-prestasi-indonesia-di-dunia.html, Silahkan Anda bagikan jika Artikel Minimnya Prestasi Indonesia Di Dunia Sepak Bola ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Minimnya Prestasi Indonesia Di Dunia Sepak Bola sebagai Sumbernya.

Artikel Lainnya

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Hak Cipta © 2014. M4 ZONE | Powered by Blogger
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free
Haturnuhun ka amang Creating Website ti Mas Template