Berita Anyar :
Home » » Apa itu Diasil cylinder dan forged piston?

Apa itu Diasil cylinder dan forged piston?

Diasil Cylinder Forged Piston

Apa itu Diasil cylinder dan forged piston? | DiaSil adalah singkatan dari Die Aluminium Silicon, yaitu material logam yang merupakan campuran aluminium dan silicon, sehingga material ini memiliki beberapa keungulan antara lain :

Memiliki kemampuan pendinginan yang baik, ketahanan terhadap aus yang tinggi.

Keunggulan pengunaan Die Diasil Cylinder adalah sebagai berikut :

Ramah lingkungan, karena bukan mengunakan lapisan nikel total Die-Cast Aluminium (mudah
didaur ulang)

Proses dengan teknologi tinggi dan modern (proses otomatis)

Ekonomis, tidak menggunakan liner besi sehingga nilai produktivitasnya tinggi. Performa tinggi, antara lain ringan, pendinginan sempurna, meredam suara berisik, awet atau tidak mudah aus, pemakaian oli hemat

DiASil Cylinder dibuat dengan proses Die Casting (cetak) bukan dengan Coated (lapisan).

Forged piston itu dibentuk dari segumpal alumunium yang dipanaskan dan ditempa / dipress sehingga membentuk piston yang diinginkan. Mungkin sebagai illustrasi, jika mengerti pembuatan pedang katana (Samurai), pedang ataupun keris proses pembuatannya besi yang ditempa sehingga menghasilkan senjata yang keras dan tidak mudah patah! Demikian pula dengan forged piston, kualitas yang dihasilkan memang berbeda dibandingkan cast piston(konvensional). Forged piston lebih ringan namun lebih kuat.

kalo tandanya sih jarang keliatan karena biasanya yang kena duluan itu ring sehernya, sedangkan untuk seher dan linernya masih oke.

tambahan :

Sebagai gambaran…jika sistem konvensional bahan dipanaskan hingga mencair kemudian dituangkan kedalam cetakan dan pengerasan didiamkan secara alami. Kelemahan pembuatan sistem ini kadangkala masih ada gelembung udara yang terperangkap ketika proses pendinginan. Sedang sistem tempa (forged), bahan dipanaskan hingga kenyal kemudian ditumbuk/ditempa berulang-ulang. Setelah mendapatkan kepadatan yang diinginkan, barulah dipotong dengan alat khusus berdasarkan konstruksi yang diinginkan.
Silahkan lihat perbedaannya :







sumber-sumber :
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120113055726AAni29a
http://iwanbanaran.com/2011/07/25/hhhmmm-diasil-silinder-forged-piston-emang-beda
http://bergandengantangan.files.wordpress.com/2012/05/featurefitur.png (pic)
Haturnuhun anjen atos maca artikel tentang Apa itu Diasil cylinder dan forged piston? dan anda bisa menemukan Artikel Apa itu Diasil cylinder dan forged piston? ini dengan URL http://m4zone.blogspot.com/2012/12/apa-itu-diasil-cylinder-dan-forged.html, Silahkan Anda bagikan jika Artikel Apa itu Diasil cylinder dan forged piston? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Apa itu Diasil cylinder dan forged piston? sebagai Sumbernya.

Artikel Lainnya

1 komentar:

forged piston mengatakan...

sepertinya sample yang di jadikan yamaha terlalu berlebihan,silinder biasa dari motor cina kah itu? Coba lihat disini http://nopot.heck.in/piston-cetak-vs-forged-pistonbagus-mana.xhtml

Posting Komentar

 
Hak Cipta © 2014. M4 ZONE | Powered by Blogger
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free
Haturnuhun ka amang Creating Website ti Mas Template